tips

5 Cara Memilih Sofa yang Bagus dan Awet

Sofa, sebagaimana halnya tempat duduk jenis lain, merupakan salah satu item perabot yang memiliki peranan penting. Banyak sekali model sofa yang saat ini dapat kita temukan di toko. Tentunya sofa juga akan semakin cantik dan menarik bila ditempatkan di interior ruang dengan tema yang cocok.

Sebagai furniture yang digunakan dalam jangka waktu yang panjang tentunya Anda akan membutuhkan sofa yang selain bagus, juga haruslah awet dan memiliki daya tahan tinggi dari segi konstruksi. Lalu apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih sofa yang bagus? Berikut ini adalah tips yang dapat Anda lakukan sebelum memutuskan sofa mana yang akan Anda bawa pulang.

  1. Teliti jenis lapisan luar

Cara paling mudah untuk memilih sofa yang bagus adalah dengan memperhatikan tampilan luarnya. Terdapat berbagai macam variasi bahan untuk sofa, seperti misalnya kulit, linen, katun, polyester, chenille dan juga nilon. Tentunya tiap bahan akan menimbulkan kesan ruang yang berbeda. Sofa berlapis kulit menimbulkan kesan yang mewah, elegan dan klasik, sedangkan sofa dengan bahan kain lebih berkesan santai dan hangat.

Selain memilih jenis bahan pelapis yang cocok, ada baiknya Anda menanyakan tentang perawatan yang harus dilakukan jika bahan-bahan tersebut rusak atau terkena noda. Anda juga perlu mempertimbangkan ketahanan bahan penutup sofa tersebut terhadap titik api maupun gesekan. Tentunya Anda tidak ingin sofa yang mudah terkena sulutan rokok ataupun baret karena ujung benda yang tajam bukan?

  1. Kenali kerangka bagian dalam

Lapisan dalam sebuah sofa terdiri dari rangka, spring dan juga bantalan sofa. Beberapa sofa ada yang memiliki rangka atau frame yang terbuat dari besi atau kayu. Kayu yang digunakan pun bermacam-macam, ada kayu asli yang dikeringkan agar tidak mudah lembab atau kayu jenis plywood yang terbuat dari susunan lembaran kayu. Kayu dengan rangka plywood memiliki harga yang lebih murah karena kekuatannya yang lebih rendah dari kayu utuh.

Untuk spring sofa ada baiknya agar Anda memilih spring yang lentur dan dapat menopang berat tubuh saat Anda duduk di sofa tersebut. Sedangkan bantalan sofa adalah penentu kenyamanan dari sebuah sofa. Tingkat kenyamanan bantalan sofa tergantung dari bantalan busa yang menjadi lapisan dalamnya. Bantalan sofa yang baik adalah bantalan empuk, elastis dan tidak mudah melesak jika Anda mendududukinya.

  1. Perhatikan pelengkap sofa

Selain lapisan luar dan dalam sofa, faktor yang dibutuhkan dalam memilih sofa yang bagus juga dapat dipertimbangkan dari cushion atau pelengkap sofa itu sendiri. Cushion membantu meningkatkan tingkat kenyamanan dari sebuah bantalan. Sebagai pertimbangan, Anda dapat memilih cushion dengna bahan yang empuk dan lembut. Bahan serat Dacron atau bulu bebek yang lebih premium dapat dijadikan pilihan.

  1. Tentukan ruang

Selain memperhatikan fisik sofa secara keselurahan sebelum membeli sofa Anda juga perlu memutuskan di mana sofa tersebut akan ditempatkan. Sehingga Anda dapat menyesuaikan ukuran sofa yang hendak dibeli dengan luas ruangan yang Anda. Tentunya untuk ruang yang sempit, Anda tidak memerlukan sofa dengan ukuran besar ataupun sofa satu set agar ruangan tidak terasa penuh dan begitu pula sebaliknya.

Selain itu dengan menentukan ruang Anda juga dapat memilih model sofa yang hendak dibeli. Misalnya saja untuk ruang tamu yang lebih formal akan memiliki model sofa yang berbeda dengan ruang keluarga yang sifatnya lebih santai.

  1. Warna dan motif

Warna dan motif sofa juga mempengaruhi suasan ruang di mana Anda akan meletakannya nanti. Sofa yang bagus di ruangan sempit adalah sofa dengan warna yang lebih terang dan memiliki motif dengan gambar yang kecil ataupun polos. Lain halnya jika ruangan Anda besar, maka sofa dapat menggunakan berbagai macam variasi warna maupun motif.

Selain itu sesuaikan juga warna dan motif dengan perabot di sekitar sofa dan warna ruangan. Tentunya Anda tidak ingin mengacaukan ruangan dengan pemilihan warna ataupun motif yang salah bukan? Jika Anda bingung saat memilih, Anda bisa memilih sofa polos dengan warna netral seperti putih, abu-abu, hitam ataupun krem.

  1. Garansi

Tips terakhir yang juga tidak boleh terlewat selain masalah fisik adalah garansi toko. Akan lebih baik jika Anda membeli sofa bergaransi, terlebih jika sofa tersebut memiliki harga yang mahal. Karena ini akan dibutuhkan jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan reparasi sofa.

Itulah tadi berbagai macam hal yang perlu diperhatikan dalam memilih sofa yang bagus dan awet. Ketelitian sebelum membeli mutlak dibutuhkan agar Anda tidak menyesal sudah mengeluarkan dana yang besar untuk perabot yang mungkin akan Anda gunakan selama belasan tahun. Harga mahal belum tentu berkualitas bagus, sebaliknya harga murah juga belum tentu memiliki kualitas yang murahan. Jika Anda cermat dan tepat, Anda juga dapat menemukan sofa murah dengan kualitas terbaik. Selamat berbelanja.