tips

5 hal yang dilakukan sebelum memilih wallpaper

Jika Anda merasa bosan dengan warna dinding, Anda dapat mencoba alternatif wallpaper sebagai ide renovasi interior. Wallpaper ini umumnya dijual di pasaran dalam bentuk gulungan dan pemasangannya direkatkan di dinding dengan menggunakan lem khusus wallpaper. Dengan wallpaper, tidak hanya warna dinding yang berubah, Anda juga akan mendapatkan motif dinding yang sesuai dengan keinginan.

Wallpaper diaplikasikan di rumah tinggal maupun bangunan publik seperti kantor misalnya. Untuk rumah sendiri, Anda dapat menggunakan wallpaper di semua ruang. Mulai dari ruang tamu, kamar tidur hingga kamar mandi. Khusus untuk kamar mandi tentunya menggunakan wallpaper khusus yang tahan air.

Namun, ada beberapa hal tertentu yang perlu diperhatikan agar Anda mendapatkan wallpaper dengan warna yang bagus dan memiliki kesesuaian dengan konsep ruang. Berikut ini adalah beberapa tips memilih warna wallpaper yang sesuai dengan interior ruang Anda.

  1. Kesesuaian dengan fungsi dan tema ruang

Penting bagi Anda untuk menentukan terlebih dahulu konsep dan fungsi yang hendak digunakan untuk ruang yang akan dipasangi wallpaper. Hal ini dikarenakan sebuah warnajuga dapat mempengaruhi mood atau perasaan pengguna ruangan tersebut. Misalnya fungsi ruang adalah ruang keluarga dan konsep yang digunakan adalah ceria. Maka Anda dapat menggunakan wallpaper dengan warna yang menimbulkan semangat seperti misalnya aksen warna kuning.

Lain halnya jika Anda hendak menggunakan wallpaper untuk fungsi ruang tamu yang lebih formal dan tenang. Untuk konsep ini Anda dapat menggunakan warna netral seperti abu-abu atau warna krem. Motif wallpaper yang digunakan pun tidak perlu terlalu heboh dan terkesan ramai.

  1. Sesuaikan dengan luas dan tinggi ruang

Setelah menentukan konsep dan fungsi ruang, dalam memilih warna wallpaper Anda juga perlu memperhitungkan luas dan tinggi ruangan yang Anda miliki. Warna dan motif sebuah wallpaper akan ikut mempengaruhi visualisasi ruang untuk menjadi lebih luas, lebih sempit, lebih tinggi maupun lebih pendek. Berikut adalah rinciannya:

  • Ruang luas – ada baiknya jika Anda menggunakan warna yang lebih gelap di keempat sisinya untuk mempersempit jarak pandang. Pilihan warnanya mungkin adalah biru tua, coklat tua atau mungkin jika Anda lebih berani, Anda dapat menggunakan warna hitam. Anda juga dapat menggunakan wallpaper dengan motif besar agar ruangan lebih terkesan sempit.
  • Ruang sempit – sebaliknya jika ruangan Anda sempit, maka akan lebih baik jika Anda menggunakan warna terang agar ruangan terkesan lebih lapang. Jika menggunakan motif, pilih wallpaper dengan motif kecil yang cantik.
  • Ruang lebar – jika ruang yang Anda miliki lebar, Anda dapat menggunakan wallpaper warna gelap tersebut di kedua sisi, sebelah kanan dan kiri saja. Sedagkan untuk satu sisinya gunakan warna yang lebih terang.
  • Ruang berplafon tinggi – akan lebih baik jika Anda menggunakan warna gelap dengan motif horizontal untuk visualisasi yang lebih pendek.
  • Ruang berplafon rendah – gunakan wallpaper yang dapat memberikan kesan tinggi pada ruangan seperti misalnya wallpaper dengan warna yang lebih terang dari plafon Anda. Selain itu motif horizontal wallpaper juga mendukung ruangan akan tampak lebih tinggi dari sebenarnya.
  1. Keharmonisan dengan perabot dalam ruang

Harmonisasi wallpaper dengan perabot dapat mempermudah pencapaian konsep interior yang Anda inginkan. Misalnya saja ketika Anda hendak mendekorasi ruang dengan konsep interior shabby chic. Maka akan tepat Anda memadukan wallpaper berwarna pastel dan bermotif bunga yang vintage dengan dekorasi perabot shabby chic atau vintage yang berwarna putih.

  1. Kenali karakter pengguna ruang

Faktor psikologi dan karakter seseorang akan mempengaruhi dekorasi ruang yang dia inginkan. Termasuk juga warna atau motif dari wallpaper yang digunakan. Sebagai contoh perbandingan adalah wallpaper kamar tidur utama dengan kamar tidur anak. Orang dewasa tentu memiliki karakter yang berbeda dengan anak mereka.

Wallpaper untuk kamar tidur utama umumnya memiliki nuansa yang lebih tenang dengan warna-warna tanah seperti krem atau warna netral seperti putih. Sedangkan anak akan lebih senang menggunakan wallpaper dengan nuansa warna dan motif yang ceria seperti pink atau biru.

  1. Cermat saat membeli online

Melakukan riset memang salah satu cara terbaik dalam menentukan kualitas wallpaper yang hendak  Anda beli. Riset secara online maupun offline dalam memilih warna wallpaper yang baik mutlak diperlukan agar Anda juga dapat membandingkan kualitas dan harga yang sudah ditetapkan.

Sebagai catatan khusus, jika Anda hendak membeli wallpaper secara online pastikan agar Anda mendapatkan tempat yang memang memiliki kredibilitas dalam menawarkan produk yang memiliki kesesuaian antara foto dan produk sesungguhnya, terlebih dari segi warna.

Anda dapat menanyakan kepada customer service mengenai warna dan bahan yang digunakan agar mendapat info yang jelas tentang produk yang Anda inginkan.

Demikianlah beberapa tips yang perlu diperhatikan saat memilih warna wallpaper yang bagus dan berkualitas. Pastikan untuk mengukur terlebih dahulu dinding yang hendak dipasangi wallpaper agar Anda dapat menentukan jumlah gulungan yang dibutuhkan. Semoga pembahasan tersebut dapat menjadi acuan ketika Anda akan membeli wallpaper yang Anda butuhkan. Selamat berbelanja.