idea, Inspiration

5 Inspirasi Tema Favorit untuk Kamar Tidur Kaum Urban

Tema urban adalah gaya interior yang digandrungi oleh banyak kalangan saat ini, terutama anak muda di perkotaan. Interior bergaya urban secara definisi adalah sebuah pola untuk menata ruang dengan konsep bernuansa kosmopolitan. Sehingga pada umumnya kental dengan elemen yang modern, cool dan bergaya muda untuk menimbulkan kesan yang tenang dan nyaman namun tetap kekinian.

Banyak digunakan oleh para pekerja muda di perkotaan, interior bergaya urban ditujukan untuk tempat melepas lelah dan beristirahat secara total. Kenyamanan menjadi poin utama dan terkadang juga dilengkapi dengan vegetasi dalam ruang sehingga ruangan juga memiliki fungsi sebagai tempat merefresh pikiran dan menghilangkan kepenatan. Sehingga berbeda dengan gaya modern minimalis, gaya urban masih bernuansa homey dan soft, tidak terlalu sharp dan kaku.

Gaya urban tidak hanya dapat diaplikasikan untuk interior ruang tamu atau ruang keluarga, ruang tidur pun dapat menggunakan gaya urban yang tenang dan refreshing. Berikut ini adalah inspirasi kamar tidur urban yang dapat Anda jadikan untuk referensi konsep kamar tidur yang tenang, nyaman dan modern.

  1. Konsep kamar lapang

Salah satu konsep untuk mencapai ruang tidur urban yang nyaman dan tenang adalah dengan menciptakan ruang yang lapang dan tidak terlalu banyak menggunakan perabot dan aksesoris yang terkesan penuh. Pastikan perabot yang Anda gunakan memang memiliki fungsi penuh di kamar Anda. keluarkan saja furniture atau ornament yang tidak terlalu banyak dipakai agar flow dan sirkulasi tetap terjaga sehingga Anda semakin leluasa.

Sebisa mungkin hindari penataan ruang yang kasar dan macho seperti pada gaya industrial. Gaya urban merupakan gaya interior yang kekinian dan penuh inovasi namun abadi tak lekang oleh waktu, maka pendekatan yang dapat ditempuh adalah dengan memadukan gaya minimalis modern namun tetap klasik.

  1. Warna netral alami

Kamar tidur urban yang memang ditujukan untuk ketenangan akan sangat cocok bila menggunakan warna-warna netral ataupun warna alam seperti misalnya putih, krem, abu-abu, beige, paduan tekstur kayu, warna tanah, batu dan sentuhan hijau daun yang lembut. Hindari penggunaan warna hip maupun bold yang menantang, seperti misalnya merah, hijau tua atau biru elektrik yang memikat.

Warna putih dan abu-abu dapat diaplikasikan pada perabot. Sedangkan warna kayu dapat diambil dari penggunaan parket sebagai penutup lantai maupun sedikit di elemen furniture Anda. Sedangkan hijau dapat digunakan untuk aksen di salah satu dinding dengan menggunakan cat maupun wallpaper. Atau dapat juga digunakan sebagai aksesori ruang, seperti bedcover, tirai atau cushion.

  1. Pemanfaatan cahaya

Anda dapat memasukkan unsure cahaya alami pada kamar Anda untuk menambah kesan alami dan ketenangan. Selain penggunaan jendela, Anda pun dapat mendesain kamar dengan menggunakan langit-langit kaca yang berjajar di bagian tepi. Selain menambah penerangan alami dan membantu penghematan energi listrik kala siang hari, sistem pencahayaan dan pembayangan tersebut akan menimbulkan efek dramatis di dalam ruangan.

Sedangkan untuk pencahayaan buatan atau lampu, Anda dapat menggunakan lampu dengan intensitas cahaya yang rendah sehingga efek tenang dan homey dapat tercapai.

  1. Unsur hijau dalam kamar

Tanaman memang tidak bisa lepas digunakan sebagai pelengkap untuk kamar tidur urban. Tanaman khusus indoor yang paling mudah perawatannya dan pemeliharaannya adalah tanaman berjenis sukulen. Tanaman ini tidak membutuhkan media tanah yang rumit, selain itu intensitas penyiraman yang dilakukan pun sangat jarang, bisa seminggu sekali atau bahkan 2 minggu sekali.

Akan sangat cantik bila Anda menggunakan interior dengan dominasi putih dan meletakkan beberapa tanaman sukulen di kamar tidur. Anda dapat menggunakan rak ambalan yang digantung di dinding untuk menjadi tempat koleksi sukulen atau Anda juga dapat menaruhnnya di meja tulis. Aksesori ruang berupa sketsa tanaman yang juga berbingkai putih akan semakin menambah cantiknya kamar tidur bergaya urban.

  1. Gaya Skandinavian

Interior bergaya Skandinavian sangat cocok untuk diterapkan di kamar tidur bergaya urban karena model furniturenya yang unik namun masih memiliki kesan klasik. Tekstur bahan dari perabot Skandinavian juga diadaptasi dari motif tekstur alami sehingga menimbulkan ketenangan sehingga pas dengan tujuan konsep urban.

Penggunaan karpet juga merupakan salah satu item yang dapat diaplikasikan di kamar tidur bergaya urban dengan sentuhan skandinavian. Karpet yang digunakan umumnya berwarna putih atau keabuan serta sedikit berbulu panjang.

Itulah tadi 5 pilhan gaya kamar tidur urban yang kekinian sekaligus homey sehingga cocok untuk area istirahat yang menenangkan. Apa pun gaya yang Anda pilih, terutama untuk kamar tidur, sesuaikan dengan karakter dan kebutuhan Anda. Anda pun dapat memadupadankan dengan gaya lain yang membuat Anda lebih nyaman. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *