idea, Inspiration

5 Tema Kamar yang disukai kaum Millenial

Saat ini generasi millennial banyak menjadi bahan pembicaraan di kalangan masyarakat. Generasi millennial sering juga disebut dengan Generasi Y yang kebanyakan lahir di tahun 1980 hingga 2000an. Masa lahir dan tumbuh kembang mereka yang bersamaan dengan maraknya TV berwarna, handphone serta internet membuat mereka memiliki karakter yang akrab dalam hal teknologi, digital dan media.

Lalu bagaimanakah gaya interior dan furniture yang tepat untuk generasi millennial yang canggih  dalam hal teknologi tersebut? Dapat dipastikan inovasi di berbagai bidang teknologi membuat sentuhan furniture interior yang modern, simpel, memiliki berbagai fungsi dan minimalis dapat menjadi kunci utama pilihan gaya para millennial. Selain itu sentuhan maskulin yang sharp dari gaya industrial juga dapat menjadi alternatif pilihan bagi para pria dari generasi millennial.

Untuk Anda para generasi millennial yang ingin mendekorasi atau merenovasi interior hunian dan sibuk memilih furniture apa yang tepat digunakan, berikut ini adalah alternatif pilihan tema furniture millennial yang kekinian yang dapat Anda gunakan.

  1. Monokrom putih dan abu-abu

Perpaduan warna merupakan cara mendesain yang paling mudah dari interior bergaya millennial. Furniture yang memiliki warna putih atau keabuan dapat menjadi pilihan bagi Anda. Warna-warna netral ini memberikan efek yang bersih, lapang dan futuristik.

Selain monokrom warna netral, furniture millennial juga hampir tidak pernah menggunakan motif di bagian pelapisnya (misalnya sofa) karena cenderung polos. Anda juga perlu menghindari penggunaan aksesori ruang yang berlebihan, seperti misalnya table runner atau cushion dengan rumbai.

Untuk bagian dapur, skema warna kabinet yang terkenal di kalangan para millennial adalah kabinet berwarna gelap dengan countertop berwarna terang. Anda bisa menggunakan kabinet kayu bercat hitam dengan menggunakan marmer atau granit putih.

  1. Modern minimalis dengan LED

Dunia digital dan inovasi yand dekat dengan generasi Y ini membuat mereka cenderung memilih furniture yang canggih dan modern. Oleh sebab itu, tema furniture millennial yang pas adalah dengan menggunakan perabot yang mengandung unsure lampu LED dengan cahaya berkelap-kelip maupun tidak.

Lampu LED ini dapat diaplikasikan di balik kabinet untuk wall unit di ruang keluarga, rak ambalan di kamar tidur, kabinet di dapur atau bahkan untuk mengubah warna hujan shower di kamar mandi menjadi keunguan ataupun kehijauan.

  1. Unsur metal dalam sentuhan industrial

Unsure metal atau stainless steel yang sharp dapat digunakan sebagai alternatif pilihan furniture bergaya millennial. Misalnya seperti penggunaan kursi bar yang memadukan unsure kayu pada bantalan duduk dan metal atau stainless steel di bagian kaki. Variasi baru dari stainless stell tersebut adalah warna yang tidak mengkilap  dan lebih gelap sehingga akan selalu bersih dan bebas dari sidik jari.

Rak buku yang simpel juga dapat menggunakan unsure kayu. Misalnya untuk rak buku di pojok ruangan, Anda dapat menggunakan pipa yang di tata berkelak-kelok mulai dari lantai hingga plafon. Cat pipa dengan warna hitam untuk menambah kesan maskulin industrial dan kesan simpel gaya furniture millennial.

Selain furniture, banyak dari generasi Y yang menggunakan pintu geser jenis barn door yang memadukan pintu kayu dan geseran serta handle dari metal. Diaplikasikan di dinding polos putih, pintu jenis ini akan menjadi point of interest dalam interior Anda.

  1. Sentuhan kayu untuk nuansa rustic

Meskipun dekat dengan hal yang berbau modern, ada kalany generasi millennial menginginkan unsure pedesaan dengan nuansa kayu di dalam interior mereka. Sebagai pilihan, maka furniture bergaya rustic juga dapat dimasukan ke dalam tema furniture millennial Anda.

Furniture rustic identik dengan perabot yang berfinishing kayu dengan volume yang besar atau penuh. Perabot rustic dapat digunakan untuk ranjang, meja makan satu set dengan kursinya atau coffee table di ruang keluarga maupun ruang tamu.

  1. Furniture multi fungsi

Generasi Y tersebut mempertimbangkan keberlanjutan atau sustainability, sehingga tidak berpikir perabot tersebut hanya berguna untuk saat ini saja. Berdasarkan konsep tersebut, generasi millennial cenderung memilih furniture bergaya pedesaan namun berteknologi tinggi dengan pendekatan keseimbangan.

Selain itu, salah satu jenis furniture yang digemari oleh generasi millennial adalah furniture multifungsi yang efiseien untuk mengurangi penggunaan energi dan menghemat space di dalam ruang.

Contoh sederhana adalah penggunaan coffee table dengan konstruksi lift up yang mana meja atas dapat ditarik sehingga bagian dalam meja tersebut dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan. Sedangkan untuk karakter alamnya sendiri digunakan finishing tekstur kayu. Selain itu dapat pula menggunakan sofa di ruang keluarga yang dapat diubah menjadi ranjang kecil.

Demikianlah tips mengenai tema furniture millennial yang dapat Anda jadikan referensi untuk interior ruang. Sesuaikan beberapa perabot tersebut dengan karakter dan kenyamanan Anda agar mendapatkan hasil yang optimal. Semoga artikel ini bisa membantu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *