idea, Inspiration

6 Teknik Pencahayaan agar Ruang terlihat Elegan

Desain interior tidak hanya mengatur tentang tata perabot, pemilihan aksesori dekorasi yang sesuai maupun penggunaan warna yang cocok untuk diaplikasikan di dalam ruangan, namun juga mengatur pencahayaan untuk menimbulkan suasana tertentu yang dapat menambah nilai estetika atau keindahan dalam ruang.

Sebuah desain pencahayaan yang apik memerlukan tiga keseimbangan pencahayaan utama, yaitu ambient, fungsi dan juga aksen. Desainer interior maupun arsiteklah yang akan menentukan bagaimana desain pencahayaan untuk menciptakan efek tertentu yang diinginkan oleh penghuninya. Beberapa efek tersebut misalnya ruangan yang tenang dan syahdu, dinamis, keren, elegan dan lain sebagainya.

Untuk Anda yang menyukai konsep ruang elegan dengan tambahan efek pencahayaan, berikut ini adalah teknik pencahayaan ruang elegan yang dapat Anda jadikan referensi saat menata interior ruangan.

  1. Pencahayaan merata

Ruang yang sudah memiliki tatanan elegan seperti ruang tamu akan cocok bila menggunakan konsep pencahayaan merata yang juga membuat suasana akan semakin elegan. Konsep pencahayaan merata berupa accent lighting sangat pas jika diterapkan. Terlebih untuk Anda yang memang memiliki rumah dengan langit-langit yang tinggi.

Pencahayaan dapat diletakkan di antara dua plafon yang bertingkat atau drop ceiling sehingga yang terlihat hanyalah bias lampu di sela-selanya. Namun bila Anda tidak menggunakan konstruksi plafon seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda juga dapat menggunakan lampu gantung dekoratif. Selain ruang tamu, ruang makan juga akan sangat cantik bila menggunakan konsep lampu gantung.

  1. Pencahayaan ruang terkonsentrasi di satu titik

Agar ruang tampak lebih elegan, penataan cahaya dapat dikonsentrasikan pada satu titik saja. Ruang dengan fungsi untuk menulis, memasak, membaca atau ruang yang memiliki fungsi untuk melakukan pekerjaan yang butuh fokus sangat cocok untuk menggunakana cahaya yang terkonsentrasi di satu titik saja.

Task lighting adalah metode pencahayaan yang tepat untuk konsep tersebut. Sebagai contoh dari task lighting adalah pencahayaan lampu di bagian bawah kabinet dapur. Untuk ruang tamu maupun ruang keluarga, Anda juga dapat menempatkan oversized lamp yang berupa standing lamp di dekat sofa.

  1. Pencahayaan menenangkan

Teknik pencahayaan ruang elegan dapat menggunakan metode pencahayaan ambient lighting yang dapat menimbulkan suasana yang lebih tenang dan temaram. Selain kesan tenang, konsep lampu ambien ini juga dapat membuat visualisasi ruangan akan tampak semakin luas. Dikarenakan konsepnya yang temaram, pencahayaan elegan jenis ini akan sangat bagus bila diaplikasikan untuk ruang tidur Anda.

  1. Pencahayaan alami

Cahaya yang berasal dari matahari atau pencahayaan alami juga dapat menimbukan kesan yang elegan bila didesain dengan sedemikian rupa. Anda dapat mendesain plafon dengan lubang berbentuk persegi yang berjajar agar cahaya yang masuk ke dalam rumah melalui lubang tersebut memiliki jajaran cahaya yang indah.

Selain itu, deretan bouvenlight di bagian atas juga dapat menjadi sumber pencahayaan alami yang cantik untuk diaplikasikan di dalam ruang. Bukaan yang tinggi di dinding menghadap arah utara akan membuat cahaya yang masuk lebih merata dan indah karena memiliki spektrum warna yang cenderung kebiruan, tidak panas melainkan hangat saat pagi maupun sore hari.

  1. Pencahayaan kreatif

Salah satu teknik pencahayaan ruang elegan yang termasuk ke dalam pencahayaan kreatif adalah cahaya yang berada di area sirkulasi. Contohnya adalah pencahayaan kreatif di lorong yang dapat diletakkan di bagian dalam dinding dan mengarah ke depan maupun di dalam lantai dan mengarah ke atas.

Selain lorong, cahaya juga dapat ditempatkan di taman dan diletakkan di bawah tangga atau batu pijak taman. Selain menambah estetika taman di malam hari, pencahayaan outdoor tersebut akan membantu penglihatan Anda saat tidak ada lampu taman. Anda juga dapat mengguakan teknik pencahayaan kreatif seperti layaknya interior sebuah museum. Meliputi pencahayaan frontlight, downlight maupun sidelight.

Bola lampu gantung juga dapat menjadi inspirasi pencahayaan elegan nan kreatif. Anda dapat menggantung beberapa bola lampu secara linear dengan ketinggian yang sama dan tempatkan di atas meja bar dapur. Atau beberapa bola lampu yang digantung dalam satu titik membentuk kelompok dengan ketinggian yang berbeda-beda untuk ditempatkan di ruang tengah sebagai ganti dari lampu gantung.

  1. Pencahayaan aksen

Pencahayaan elegan untuk menunjukkan aksen dapat ditempuh dengan penggunaan bahan tembus cahaya. Anda dapat menggunakan panel resin yang tembus cahaya dan dibantu dengan backlighting untuk menciptakan karya seni yang memantulkan cahaya di bagian belakang objek. Selain elegan, konsep ini juga dapat menonjolkan perabot yang memang Anda inginkan untuk menjadi point of interest dalam ruangan Anda.

Itulah tadi pembahasan 6 teknik pencahayaan ruang elegan yang dapat Anda aplikasikan pada ruangan untuk menambah suasana elegan nan dramatis. Selalu ingat bahwa desain pencahayaan juga perlu menyesuaikan fungsi ruangan agar cahaya tidak menghambat aktivitas yang dilakukan di dalam ruangan tersebut. Selamat mendesain ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *