Uncategorized

6 Tips Menata Interior Apartemen Studio

Dewasa ini permintaan kebutuhan akan tempat tinggal semakin meningkat dan terus-menerus bertambah. Hal ini membuat banyak sekali tipe hunian yang bermunculan, terlebih di kota besar. salah satu inovasi hunian adalah apartemen dengan tipe studio. Apartemen studio merupakan sebuah apartemen dengan luas yang relative sempit karena terdiri dari satu ruangan yang memuat fungsi ruang tamu, kamar tidur dan dapur.

Tipe apartemen studio yang memang cocok untuk hunian individu ini memang praktis dan memiliki harga sewa maupun beli yang lebih terjangkau. Sehingga membuat apartemen studio populer di kalangan professional muda maupun mahasiswa.

Memuat berbagai fungsi dalam satu ruangan membuat penghuni harus pintar menata interior di dalamnya. Salah menata perabot dan dekorasi untuk interior ruangan apartemen, maka akan membuat apartemen Anda terlihat sempit dan sesak. Berikut ini adalah cara menata interior apartemen yang dapat Anda lakukan agar ruang terlihat lega dan lapang.

  1. Utamakan tata ruang

Akan lebih baik jika meja dapur atau area kabinet dapur diletakkan di dekat pintu masuk agar aktivitas memasak tidak mengganggu pernapasan dan aroma dapur tidak menempel ke seluruh ruang, baik pakaian atau tempat tidur. Selain itu meja dapur juga dapat berbentuk linear yang sesuai dengan alur sirkulasi dari pintu apartemen sehingga lebih menghemat space.

  1. Hemat tempat dengan furniture multifungsi

Cara menata interior apartemen agar terlihat lapang dan lebih hemat area sirkulasi adalah dengan menggunakan furniture multifungsi. Sebagai contoh Anda dapat menggunakan meja makan yang dapat ditarik dari kabinet dapur, berbentuk papan namun memiliki konstruksi seperti laci. Sedangkan kursi makan yang digunakan adalah kursi lipat kecil yang dapat dimasukkan ke dalam kabinet dapur bagian bawah. Sehingga ketika Anda tidak menggunakannya, meja dan kursi dapat disimpan kembali dan ruangan terlihat lapang.

  1. Gunakan tempat penyimpanan secara maksimal

Wardrobe atau lemari pakaian dapat Anda maksimalkan tingginya dari lantai hingga langit-langit. Gunakan warna yang terang atau putih bersih agar lemari tidak terkesan berat dan ruangan tidak terlihat penuh. Selain itu, bagian bawah tempat tidur atau kolong dapat ditambah juga dengan kabinet penyimpanan yang dapat digunakan untuk menyimpan seprei atau sarung bantal.

Selain wardrobe, tempat penyimpanan yang dapat dimaksimalkan adalah kabinet dapur. Anda dapat menggunakan kabinet atas untuk menyimpan alat memasak dan benda dapur lain. Sedangkan di bagian bawah, selain digunakan sebagai rak piring, juga dapat digunakan sebagai tempat sampah tertutup dan tempat penyimpanan alat pembersih ruangan.

  1. Optimalkan pencahayaan alami dan buatan

Untuk pencahayaan buatan, Anda dapat menambah nuansa cerah lampu untuk menghadirkan kesan yang lebih luas di dalam sebuah ruangan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan lampu LED di bagian belakang headboard atau sandaran tempat tidur. Selain efek memperluas dengan keterangannya, dekorasi lampu tersebut juga dapat menambah suasana romantis di ruang tidur.

Sedangkan menambah cahaya alami dapat digunakan dari penambahan jendela. Ada baiknya jendela digunakan di dekat kamar tidur atau kabinet dapur. Hal ini dapat berfungsi agar area tidur selalu fresh karena udara yang berganti. Begitu sirkulasi ruang di area dapur yang selalu berganti dengan asap dapur dan udara bersih.

  1. Perhatikan kombinasi warna

Selain tata perabot, cara menata interior apartemen dapat ditempuh dengan pemilihan warna dan teksur dari perabot maupun warna dinding dan lantai. Pilih warna cat yang terang dan berkesan ringan karena warna jenis ini akan membuat ruang berkesan lapang dan lega. Warna gelap dapat menyerap cahaya, sedangkan warna terang atau putih, membuat visualnya memiliki kesan menjauh.

Sebagai pilihan, Anda dapat menggunakan dinding berwarna putih dengan perabot berfinishing warna kayu terang atau monokrom dari putih dan abu-abu.

  1. Perluas dengan dekorasi cermin

Selain warna yang terang, penggunaan cermin dalam ruangan juga dapat membuat visual ruang menjadi lebih luas dari ukuran sebenarnya. Hal ini dikarenakan cermin memiliki kemampuan untuk menimbulkaan ilusi ruang lebih lebar dua kali ukuran sebenarnya. Anda dapat menempatkan cermin sebagai penutup dinding di area duduk atau area makan.

Demikianlah referensi mengenai cara menata interior apartemen yang dapat Anda aplikasikan pada apartemen yang Anda miliki. Sebisa mungkin hindari penggunaan dekorasi yang berlebihan agar ruangan tidak terlihat semakin penuh dan sesak.

Pilih aksesori dan dekorasi yang berukuran kecil, tidak memiliki motif bergambar besar serta tekstur dan warna yang tidak berlebihan. Bentuk perabot pun pakai yang sederhana dan minimalis, minim ornamen serta berukuran normal. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *