Download Lowcostfurniture App

Keranjang Belanja

Keranjang Belanja

Template is not defined.

Masih Bekerja dari Rumah? Yuk, Adopsi Penataan Meja Kerja Super Stylish Ini

Office Desk in Empty Office

Masih Bekerja dari Rumah? Yuk, Adopsi Penataan Meja Kerja Super Stylish Ini

Bekerja membutuhkan banyak konsentrasi agar semua tugas-tugas yang ada cepat terselesaikan. Sayangnya, perhatian kita mudah teralihkan dan fokus menjadi kurang maksimal. Salah satu penyebabnya adalah penataan meja kerja yang kurang rapi.

Kebijakan bekerja dari rumah yang diterapkan banyak perusahaan beberapa bulan terakhir semakin memperburuk keadaan. Di tengah tempat tinggal yang nyaman, tentu kamu lebih tergoda untuk rebahan dan akhirnya membuat semua tugas kantor tertunda bukan?

Untuk membantu kamu lebih bersemangat bekerja dari rumah, kamu akan memberikan rekomendasi penataan meja kerja super stylish agar kamu bisa menyelesaikan semua pekerjaan tepat waktu. Tanpa perlu banyak ruang, kamu bisa menyisipkan meja ini di sudut rumah atau kamar kosmu.

Yuk, cek deretan rekomendasinya.

  1. Letakkan Tanaman Hijau Menyegarkan
Sumber : https://mitigation.org/

Banyak riset membuktikan bahwa keberadaan tanaman hijau di atas meja kerja bisa meningkatkan produktivitas. Bahkan tanaman jenis snake plant bisa menyaring semua polusi yang ada di udara, memberikan kamu suplai udara yang lebih bersih untuk membuat kamu semangat dalam bekerja. Selain itu, tampilannya yang sangat hijau jelas memberikan kesegaran sehingga kamu tidak lagi merasa malas

2. Pasang Rak di Atas Meja Utama

Sumber : https://www.goodhousekeeping.com

Terlalu banyak menaruh benda yang tidak penting (seperti pajangan) di atas meja akan membuat konsentrasimu mudah pecah. Terlebih lagi jika mejamu kecil, keberadaan mereka tentu akan membuatnya semakin penuh sesak. Jika kamu memang ingin mempercantik dekorasi meja kerjamu, sebaiknya pasang rak tambahan di atas meja. Rak tersebut bisa kamu gunakan untuk meletakkan pajangan seperti foto atau lukisan yang bisa menambah semangat kerjamu,

3. Siapkan Wadah Berkas di Bawah Meja

Sumber : https://www.goodhousekeeping.com/

Kamu tidak bisa menghindari tumpukan berkas kerja yang kamu butuhkan. Namun kamu tetap bisa menjaga kerapiannya dengan menyiapkan tempat khusus untuk berkas dan menempatkannya di bawah meja. Entah itu kabinet bersusun yang permanen atau rak yang bisa dipindah-pindah, kamu akan membutuhkannya untuk menjaga permukaan meja tetap rapi.

4. Tempatkan Aksesoris dan Hiasan di Sudut

Sumber : https://www.goodhousekeeping.com/

Kamu yang punya meja kerja cukup besar, pasti tergoda untuk meletakkan berbagai macam benda di atasnya. Kamu boleh saja memajang banyak aksesoris, tetapi kumpulkan di satu sudut agar tidak terlihat berserakan. Misalnya dengan mengelompokkan pajangan dan aksesoris di sudut yang sama dengan lampu meja agar permukaan lain terlihat lebih bersih.

5. Gunakan Organizer Laci

Sumber : https://www.goodhousekeeping.com/

Bagian yang satu ini memang tidak terlihat dari luar, tetapi hampir bisa dipastikan berantakan. Yup, laci meja adalah tempat kamu memasukkan segala macam benda, terutama waktu sedang buru-buru membersihkannya. Agar meja kerjamu tampak rapi luar dalam, gunakan organizer untuk lagi sehingga barang-barang yang ada di dalamnya tetap tersusun rapi.

6. Padukan Perlengkapan dan Dekorasi

Sumber : https://www.goodhousekeeping.com/

Apabila pekerjaanmu membutuhkan banya perlengkapan namun meja kerjamu terlalu sempit untuk menampung semuanya, maka kamu bisa Menyusun semua perlengkapan tersebut hingga menjadi aksen dekorasi yang menarik.

Tidak percaya? Kamu bisa mengambil inspirasi dari gambar di atas. Alih-alih pajangan, perlengkapan kerja disusun sedemikian rupa hingga menjadi elemen dekorasi yang sangat menarik. Kamu bisa menggunakan pegboard yang sangat serbaguna.

Jika masih ada ruang kosong tersisa, kamu bisa menggunakannya untuk menaruh dekorasi lain seperti jam atau bahkan tanaman pot yang imut. Apalagi jika menggunakan perpaduan hitam dan putih sebagai warna utama, pasti akan terlihat semakin menonjol.

7. Gunakan Monitor Riser untuk Mendapatkan Ekstra Ruang

Monitor riser adalah benda yang sangat populer dalam dekorasi meja kerja. Selain bisa mengangkat posisi monitor agar bisa lebih sejajar dengan pandangan mata, kamu juga akan mendapatkan ekstra ruang di bawahnya.
Ruang kosong di bawah monitor riser bisa kamu gunakan untuk menyimpan buku-buku penting, alat tulis, dan benda-benda lain supaya tidak terlihat berantakan di atas meja.

Trik Agar Meja Kerja Selalu Rapi
Punya meja kerja yang stylish saja tidak cukup. Kamu juga harus bisa menjaga kebersihan dan kerapiannya. Ingat ya, meja kerja yang bersih membuat pikiran semakin jernih. Ini dia beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk menjaga meja kerja tetap rapi.
·       Ikat kabel menjadi satu
Yang namanya meja kerja tentu tidak bisa jauh-jauh dari kabel. Mulai dari kabel laptop, kabel komputer, kabel lampu, hingga kabel stop kontak. Meskipun kamu sangat membutuhkannya, kabel-kabel ini justru yang berpotensi membuat meja kerjamu menjadi berantakan. Solusinya, kamu bisa mengikat kabel menjadi satu agar tidak terpencar ke segala arah.
Agar kamu tidak bingung dan mudah membedakan antara kabel satu dengan yang lain, kamu bisa melabeli setiap kabel yang ada.
·       Beri label untuk setiap dokumen
Selain kabel, tumpukan dokumen sering kali membuat meja kerja terlihat berantakan. Saat kamu sedang mencari berkas tertentu dan lupa menaruhnya, maka tidak ada pilihan lain selain membongkar semua berkas yang ada. Untuk mencegah hal ini terjadi, beri label di setiap wadah berkas supaya kamu lebih mudah menemukan berkas apa yang kamu butuhkan.
·       Sediakan Tempat Sampah di Dekat Meja
Letakkan tempat sampah di dekat meja kerja, baik itu di samping atau di bawah. Setiap saat kamu ingin membuang sesuatu yang tidak kamu butuhkan, kamu tidak perlu berdiri dari kursi. Tetapi jangan lupa juga untuk mengosongkan tempat sampah secara rutin. Akan lebih baik lagi jika kamu memisahkan sampah yang bisa didaur ulang dengan sampah yang tidak bisa didaur ulang.
·       Tempatkan Buku Catatan dan Pulpen Dekat Jangkauan
Meski kamu lebih banyak bekerja dengan laptop atau komputer, terkadang kamu membutuhkan kertas dan pulpen untuk menuliskan ide dengan cepat atau mencatat hal-hal secara manual. Jangan menyimpan catatan di dalam laci, taruh di atas meja yang bisa kamu jangkau setiap saat. Ini mencegah kamu membuat isi laci berantakan karena terburu-buru mencari selembar kertas dan pulpen.
·       Luangkan waktu setiap hari untuk merapikan meja
Tidak ada acara yang lebih baik menjaga kebersihan meja kerja selain merapikannya setiap hari. Untuk itu, luangkan waktu untuk membereskan permukaan meja setelah kamu selesai bekerja. Hal sederhana ini akan membuatmu bersemangat bekerja keesokan harinya karena melihat kondisi meja kerja yang tertata rapi.
Jangan lupa juga untuk mengelap meja kerja secara rutin menggunakan cairan pembersih khusus supaya tidak ada debu yang menumpuk di atas meja.
Itulah inspirasi penataan meja kerja yang bisa kamu aplikasikan selama bekerja dari rumah dan trik bagaimana cara menjaga kerapiannya setiap hari. Meskipun bekerja di rumah, bukan alasan untukmu lebih banyak bermalas-malasan ya!
Share This :
Masuk ke Akun