Bagi kamu yang mengurusi perabot kantor, tentu perlu mengetahui apa saja perabot kantor dan fungsinya. Hal ini supaya kantormu bisa berfungsi dengan baik, tambah lagi memiliki tata ruang kantor yang cantik. Bukankah dengan begini kerja jadi lebih nyaman dan asyik?
Karena itulah, di artikel kali ini Low Cost Furniture akan membagikan penjelasan mengenai perabot kantor dan fungsinya. Supaya kamu mendapat gambaran harus menyiapkan perabot apa saja untuk membuat kantormu ideal di mata karyawan. Simak penjelasan berikut sampai habis, ya!
Perabot kantor dan fungsinya
1. Meja kerja

Perabot yang paling penting untuk dimiliki sebuah kantor adalah meja kerja. Hal ini karena meja kerja berfungsi menunjang karyawan selama bekerja di kantor. Sehingga dengan begitu, mereka bisa bekerja secara produktif dan maksimal.
Namun, penting untuk diketahui bahwa terdapat beragam macam meja kerja, katakanlah seperti meja staf, meja resepsionis, meja direksi, meja samping, dan meja rapat. Di mana kelima jenis meja kerja ini memiliki ciri khas dan peruntukannya masing-masing.
Berikut penjelasan dari masing-masing meja kerja tersebut.
A. Meja staf
Seperti namanya, meja staf adalah jenis meja kerja yang digunakan secara khusus oleh karyawan untuk bekerja, entah itu untuk mengetik, membuat laporan, dan sebagainya. Jenis meja kerja ini paling banyak digunakan oleh karyawan yang bekerja di bagian administrasi ataupun tata usaha.
Untuk bentuknya sendiri, meja staf biasanya tersedia dalam dua bentuk, yaitu yang berdiri sendiri dan menyambung dengan meja lain (dipisahkan oleh sekat pembatas). Kamu tinggal memilih salah satu yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan di kantor.
B. Meja resepsionis
Meja resepsionis lain soal lagi. Meja kerja jenis ini biasanya diperuntukkan untuk menerima atau melayani tamu, entah dalam hal memberikan informasi, menerima keluhan, atau melakukan transaksi dengan perusahaan.
Meja resepsionis umumnya ditempatkan di bagian depan kantor atau dekat dengan pintu masuk. Biasanya, akan ada resepsionis yang menjaga sekaligus menerima tamu-tamu yang masuk.
C. Meja direksi
Seperti namanya, meja direksi adalah meja kerja yang digunakan oleh jajaran direksi perusahaan, mulai dari presiden direktur, direktur utama, sampai pada direktur-direktur lainnya.
Tidak hanya berbeda dari segi desain dan ukuran saja, jika dibandingkan dengan meja staf, meja direksi menjadi lambang kekuatan dan ketegasan dari pemakainya.
D. Meja samping
Sementara itu, meja samping adalah meja kerja yang digunakan oleh sekretaris pimpinan. Dinamakan “meja samping” karena posisinya yang bersanding langsung dengan meja direksi, istilahnya agar sekretaris pimpinan dapat dengan siaga membantu pimpinannya.
E. Meja rapat
Terakhir ada meja rapat. Meja kerja jenis ini biasa kita temukan di ruang rapat, dan digunakan ketika sebuah atau antar divisi sedang mengadakan meeting, entah itu membahas proyek, mengevaluasi kerja, atau lain sebagainya.
Berbentuk huruf U, melingkar, ataupun persegi panjang, meja rapat diperuntukkan untuk banyak orang lantaran kegiatan meeting yang melibatkan banyak orang, seperti katakanlah direksi, staf perusahaan, ataupun delegasi dari perusahaan klien.
2. Kursi kerja

Jenis perabot berikutnya ada kursi kerja, yang biasa kita temukan di setiap meja di ruangan kantor. Tidak hanya sebagai tempat duduk atau penopang badan manusia, kursi kerja juga bisa digunakan untuk mempercantik tampilan ruangan sekaligus mengoptimalkan alur mobilitas dari karyawan ketika bekerja dengan sesamanya.
Adapun kursi kerja bisa kita temukan dalam berbagai macam, yaitu ada kursi direktur, kursi manajer, kursi sekretaris, kursi hadap, kursi lipat, dan kursi tunggu. Keenam jenis kursi kerja ini biasanya memiliki ciri khas dan peruntukannya masing-masing.
Kursi direktur dan manajer, katakanlah, biasanya didesain sekokoh dan sebagus mungkin agar nyaman ketika digunakan oleh direktur dan manajer. Atau kursi hadap, lipat, ataupun putar sederhana, ketiganya diperuntukkan kepada staff, karyawan, atau bahkan sekretaris (walaupun sekretaris biasanya menggunakan kursi sekretaris).
Bagaimana dengan kursi tunggu? Untuk kursi kerja jenis ini, biasanya yang menggunakannya adalah para tamu yang menunggu di ruangan resepsionis atau ruangan sejenis lainnya. Kita sering melihatnya di rumah sakit, kantor polisi, atau pusat pelayanan lainnya, dalam bentuk saling tersambung antar satu dan lainnya.
3. Lemari kantor

Selanjutnya ada lemari kantor. Biasanya, perusahaan menggunakannya sebagai tempat penyimpanan dokumen dan berkas-berkas yang sudah tersusun rapi dalam map atau peralatan sejenis lainnya.
Tidak hanya terlihat rapi, lemari kantor juga memudahkan kita dalam mencari dokumen atau file jika sewaktu-waktu kita membutuhkannya.
Lemari kantor sendiri biasanya terbagi menjadi tiga macam, yaitu lemari swing door (lemari buka-tutup seperti di rumah), lemari sliding door (lemari buka-tutup dengan cara digeser), dan lemari brankas/cash-box untuk menyimpan materi-materi kantor yang bersifat krusial.
Penutup
Itu tadi tiga jenis perabot kantor dan fungsinya yang harus ada di dalam kantormu. Pastikan kantormu sudah memiliki tiga jenis perabot ini secara lengkap agar dapat berfungsi secara maksimal. Mari lengkapi kebutuhanmu dengan membeli furnitur kantor di Low Cost Furniture!
Lowcostfurniture.co.id sendiri merupakan tempat belanja online furniture di Jabodetabek yang memberikan kemudahan berbelanja kebutuhan kantor dengan pilihan terlengkap dan terjamin kualitasnya.
Kamu bisa mendapatkan perlengkapan kantor dalam harga terjangkau serta kemeriahan berbelanja lainnya (gratis ongkir dan promo cicilan 0%) dengan berbagai metode pembayaran yang aman dan terpercaya, seperti BCA, Midtrans.
Yuk, pastikan kamu bekerja dengan nyaman dengan membeli perlengkapan kantor yang tepat!