tips

Sebelum membeli kasur simak 6 hal ini

Tidur merupakan kebutuhan primer bagi setiap orang karena berperan penting untuk kesehatan tubuh Anda. Selain waktu tidur yang panjang, tingkat kualitas tidur juga perlu diperhatikan. Salah satu faktor yang menjadi penentu kualitas tidur orang menjadi sangat baik tentu saja kasur atau matras yang digunakan nyaman atau tidak. Oleh sebab itu kasur adalah salah satu investasi jangka panjang yang perlu dipikirkan masak-masak sebelum membelinya.

Setiap orang pasti memiliki berbagai macam kebutuhan yang berbeda dalam memilih kasur tidur. Untuk itu berikut ini akan dijelaskan beberapa tips sebelum membeli kasur yang perlu diketahui agar memberi efek yang juga positif pada tubuh Anda.

  1. Pelajari Variasi Jenis Kasur

Ada berbagai jenis varian kasur yang dapat Anda pilih dan gunakan, antara lain:

  • Kasur standar – terbuat dari baerbagai macam bahan baku dan yang termahal adalah yang terbuat dari serat organik.
  • Kasur memory foam – menggunakan bahan baku yang menyesuaikan bentuk tubuh ketika berbaring dan mempertahankanny sehingga kasur ini cocok untuk Anda yang tidak terlalu banyak bergerak. Selain itu kasur jenis ini juga menyimpan suhu tubuh sehingga tidak sesuai untuk Anda yang mudah gerah.
  • Kasur sleep number – kasur jenis ini memiliki tombol yang berfungsi untuk penyesuaian tingkat kelembutan maupun kekerasan. Sehingga dua orang yang berbeda dapat menentukan sendiri tingkat kekerasan maupun kelembutan di sisi kanan maupun kiri.
  1. Kenali Kebutuhan Fisik Anda

Kasur yang baik adalah kasur yang dapat menopang fisik Anda dengan sempurna. Misalnya saja Anda memiliki masalah pada bagian punggung, maka akan lebih baik jika kasur tersebut memiliki kemampuan untuk menjaga posisi tulang dengan benar. Baik saat digunakan untuk miring, telentang maupun telungkup.

Atau Anda memiliki berat badan tertentu baik normal atau berlebih. Sebagai contoh bila badan Anda memiliki massa 80 kg maka pilihan yang tepat adalah menggunakan kasur dengan per dan busa yang lebih keras agar tidak melesak bila digunakan untuk tidur dalam jangka waktu yang lama.

  1. Tentukan Waktu Yang Tepat

Kasur memiliki jangka waktu penggunaan antara 10 hingga 15 tahun. Jika kasur lama Anda sudah memiliki usia tersebut, maka ini adalah saat yang tepat untuk membeli kasur baru. Selain itu, ketidaknyamanan atau nyeri punggung saat bangun di pagi hari juga merupakan salah satu tanda bahwa Anda harus segera mengganti kasur lama Anda.

  1. Sesuaikan budget

Kisaran harga kasur yang dijual di pasaran memiliki harga yang berbeda-beda, di bawah 6 juta rupiah hingga puluhan juta rupiah. Sedangkan harga rata-ratanya adalah 9 juta rupiah. Selain itu ada juga toko yang memberikan bonus berupa bantal maupun sprei.

  1. Dapatkan informasi lengkap

Perbedaan antara toko online dan offline adalah pada tahap pengecekan atau tes sebelum membeli. Ketika Anda hendak membeli secara online, maka hal yang perlu menjadi fokus adalah informasi lengkap mengenai kasur tersebut. Tak perlu mendatangi toko yang menjual, Anda dapat menanyakan detail informasi pada customer service, seperti misalnya tipe kasur, ukuran, material, tingkat keempukan kasur dan lain sebagainya.

  1. Masa Percobaan dan Garansi Pengembalian

Ada beberapa perusahaan matras atau kasur yang memperbolehkan Anda menguji secara gratis dengan jangka waktu selama sebulan. Sehingga Anda dapat menggunakan fasilitas tersebut sebelum akhirnya menentukan untuk membeli kasur tersebut atau tidak. Selain itu cek juga mengenai syarat dan ketentuan pengembalian produknya.

Untuk beberapa kasur dengan merk yang terpercaya dan baik kualitasnya umumnya memberikan garasi paling tidak 10 tahun pemakaian. Faktor tersebut juga akan memberikan keamanan pada pengguna dan menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan.

  1. Pelindung tahan air

Hal yang perlu diketahui dan dilakukan selanjutnya adalah ketika Anda membelik kasur bergaransi maka sebaiknya Anda juga membeli pelindung kasur yang tahan air. Pelindung tersebut akan ditempatkan di atas kasur, di bawah seprei. Fungsinya adalah agar tidak ada noda yang menempel di kasur Anda.

Itulah tadi berbagai macam tips sebelum membeli kasur yang dapat dijadikan acuan Anda agar mendapat kasur yang pas. Sesuaikan kebutuhan Anda dan penggunanya, seperti misalnya apakah yang menggunakan dua atau satu orang saja, kamar yang digunakan luas atau terbatas, untuk pengguna dewasa atau anak. Sehingga dengan begitu Anda juga dapat menentukan ukuran kasur yang digunakan adalah ukuran king, queen, single atau double size. Semoga artikel ini bermanfaat.

Penulis : Mel Lestari